Thursday 12 November 2015

Agar Kulit Lumpia Terlihat Bagus

Kulit lumpia merupakan hal yang penting dalam pembuatan lumpia itu sendiri, semua orang akan menilai sebuah lumpia dari kulitnya. Sehingga apabila anda melihat lumpia yang dibungkus dengan kulit yang halus pasti akan membuat selera anda semakin tergugah. Beda jika yang anda lihat lumpia dengan kulit pembungkus nya yang pecah atau retak dimana-mana setelah digoreng.

Sebagai bahan utama yang digunakan untuk membuat kulit lumpia adalah tepung terigu yang dicampur dengan air dan sedikit garam serta telur. Nah syarat utama untuk membuat kulit lumpia agar di dapatkan hasil yang baik adalah dari cara mengaduk adonannya yang harus benar-benar sempurna, selain itu adalah dengan penambahan bahan-bahan lain untuk membuat kulit lumpia menjadi renyah, gurih dan mantap. Berdasarkan pendapat orang banyak, kulit yang baik adalah kulit yang tipis, mulus, gurih dan pastinya tidak pecah saat digoreng.

Namun tentunya setiap orang memiliki selera masing-masing dalam membuat kulit lumpia, ada yang suka tipis, namun ada juga yang suka tebal. Untuk anda yang suka kulit yang tipis oleskan adonan sekali saja pada wajan penggorengan, hasilnya akan menjadi lebih liat saat sudah dingin. Untuk yang suka tebal oleskan adonan berkali-kali pada saat menggoreng, hasilnya akan lebaih tahan lama dalam hal kerenyahan nya.

Cara penyimpanan juga mempengaruhi kerenyahan dan kegurihan dari lumpia. Jika lumpia segera dikonsumsi sebaiknya taruh diatas selembar daun pisang lalu tutupi bagian atasnya dengan daun pisang juga, hal ini juga akan membuat aroma lumpia semakin menarik. Jika akan disimpan dalam waktu lama sebaiknya dimasukkan kedalam kantong plastik untuk menjaga tetap renyah.

Untuk mendapatkan kulit lumpia yang bagus, ada baiknya anda tetap mengaduk-aduk adonan selama 15 menit setelah proses pencampuran semua bahan selesai. Selanjutnya diamkan adonan selama kurang lebih 40 menit. Kemudian oleskan adonan pada wajan anti lengket dan panaskan adonan hingga bagian pinggir adonan terkelupas.

Pada saat proses penggorengan agar kulit lumpia tidak mudah terlepas, anda dapat menggunakan
putih telur, dengan cara mencampurkan putih telur dengan 1 sendok makan air. Oleskan campuran putih telur dengan menggunakan kuas disepanjang bagian luar kulit lumpia yang akan direkatkan, lalu tekan secara perlahan. Biarkan selama 15 menit agar merekat lebih kuat. Saat menggoreng usahakan hanya sekali saja membalik kulit lumpia jika bagian bawah sudah berwarna kekuningan.
Nah demikianlah cara membuat kulit lumpia agar tampak bagus.

0 komentar:

Post a Comment